« Home | Piala Dunia 2006...Dunia Sapa? »



peng-ANALOGI-an

Penganalogian sering kali bisa membawa kita ke arah yang sama sekali berbeda, maksudnya...mungkin kita secara tak sadar meng-iya-kan jawaban / tanggapan / masukan / kritik dari lawan bicara yang memakai contoh dari kasus lain untuk menguatkan argumen yang ia keluarkan.....sehingga kita pun setuju dengan nya. Mmmm.... gimana?? cukup ngerti gak??
Contoh:

Untuk menjelaskan "Harddisk di komputer kita harus di defrag secara rutin, baik itu 1x1 bulan atau 1x3 bulan.. jadi apa itu fungsi dari defrag???" kita bisa memberikan analogi spt "Bayangkan kita punya banyak buku (katakanlah 200-an buku) yang tersusun di rak buku atau perpustakaan pribadi yang mini, seandainya kita membaca 2 buku sehari dan setelah membaca tidak diletakan kembali ke rak, begitu seterusnya hingga 1 bulan kedepan. Naaah... bulan kedua anda ingin mencari buku dengan judul "XYZ" misalnya, tentu sulit mencari tumpukan buku yang ada di lantai bukan?? Pasti lebih gampang mencarinya di rak buku (diasumsikan kita telah mengindex semua buku yang ada)..." Jadi artinya defrag ialah menyusun kembali isi hardisk agar proses kerja harddisnya menjadi lebih baik.... SAMA DENGAN ....menyusun semua buku yang berserakan agar mudah dicari.

Menurut gw sih analogi di atas benar... tapi gimana kalo contoh nya seperti:

Dosen gw pernah ngasi tau bahwa ilmu sipil atau arsitektur jaaaauuuuuuuh lebih tua dibandingkan dengan ilmu komputer.... dan ia memberikan contoh:

"Coba kalo jembatan yang panjang dan kokoh tiba2x salah satu tiang penyangganya patah atau retak atau misalkan aja deh di ilangin ama makhluk gak dikenal... bakal roboh kah jembatannya?? jawabannya BELUM TENTU... karena msh banyak penyangga lainnya yang masih bisa menopang jembatan tsb. Sekarang coba misalnya kita dikasi jeroan (coding file) dari Windows XP, dan hilangkan 1 atau 2 baris dari coding tsb.... bakal beroperasi dengan mulus gak Windows XP nya?? Hhmmm...."

.......... gimana??? kalo menurut gw sih ARTI contoh kasus yang diberikan BENAR, dan ARTI dari analogi nya juga BENAR, tapi saling gak nyambung, jadi gw bilang sih ini penganalogian yang salah...

Gimana kalo misalnya loe seorang karyawan yang sedang menjalankan satu proyek, dan loe gak setuju dengan salah satu instruksi dari atasan karena loe menganggap itu gak bakal mungkin dilakukan atau bertentangan dengan hati nurani loe... tapi atasan tetap bersikeras bahwa dia benar dan mulai menganalogikannya sama dengan contoh kasus dosen gw (yg sebenarnya saling gak nyambung atau gak cocok untuk digabungkan) dan secara gak sadar meng-IYA-kan atasan loe, akhirnya yaaaah terpaksa juga loe laksanakan dengan ganjalan di hati.... bener gak sih??

Atau misalnya loe sedang sakit dan berobat ke dokter, loe diharuskan mengkonsumsi 5 macam obat, karena loe gak bisa minum obat nya sekaligus lima-limanya akhirnya loe putusin minum obat2x tsb 3 tahap, dengan urutan minum 2 dulu, lalu 2 lagi dan yang terakhir 1 pil. Trus ada temen loe yang nyeletuk... "ngapain sih minum obatnya ampe 3 tahap gitu, mendingan loe glek aja langsung....bereskan!!??!" eheemmm.... trus loe bilang ke temen loe itu "Coba deh... setiap loe makan nasi, pasti abis itu loe minum air kan?? naaaah... coba aja loe campur air minum loe ke nasi yang ada di piring loe... kan bisa sekalian tuh makan & minum nya dalam 1 waktu.. hehhehehehhe"

Gimana menurut loe??? benarkah penganalogian kasus yang terakhir ini??? Hmm.... bingung deh gw :)

Labels:


Jakarta, Indonesia Time

Home
My Feed My Twitter
My Youtube Channel My Flickr Album

Google

Support Us


ShoutBOX