« Home | Insomnia? Ternyata bukan... » | flickr DOT com » | Begadang lagi... » | peng-ANALOGI-an » | Piala Dunia 2006...Dunia Sapa? »



AGAMA (no offense) ...

Agama.... ada yang berpendapat bahwa agama itu adalah suatu panduan hidup manusia, dimana di dalamnya diajarkan dan dijelaskan semua tentang kebajikan2x dan larangan2x di dalam hidup ini!! Ada juga yang berpendapat, kalo ajaran agama itu untuk memenuhi kehausan batin seseorang akan hal-hal apa saja yang tak dapat dijelaskan dengan logika dan akal sehat.
Yang pasti ajaran agama2x yang ada sekarang ini semuanya mengajarkan tentang kebajikan.

Terlepas dari itu semua, secara akal sehat (in my own opinion), manusia tidak akan bisa hidup tenang tanpa agama......... mmmmm...... oke.... memang masih ada sih manusia di bumi ini yang tidak mempercayai agama apapun, tapi banyak juga yang malah membuat suatu agama baru bukan??!

Yang namanya manusia pasti ada suatu tahap yang namanya jenuh (jenuh di sini = melakukan kegiatan yang bertentangan dengan ajaran agama, aturan2x negara maupun tata krama), sebut saja misalnya zina, judi, korupsi, merampok, menipu, dll. Mana ada sih orang yg mau terus kaya' gitu?? Mungkin siiiiih, ada aja orang yg belum sadar, tapi itu kan belum... kita gak tau lah kapan nya bukan??! Dan orang yang meyakini suatu agama pun belum tentu mengerti apa saja kandungan dalam masing2x kitab mereka.

Agama gw islam, dari lahir agama islam sudah menjadi bagian dari gw. Tapi jujur aja, sampe sekarang pun ibadah sholat wajib (Ibadah Wajib bagi umat islam = 5 waktu) gw masih banyak yg bolong. Ngaji (membaca) alquran pun terkadang hanya sekedar baca tanpa mendalaminya, karena gak tau artinya (walaupun ada alquran yang mempunyai tafsirannya). Tapi di sini.... gw ngaku salah kok, dalam alquran sendiri umat islam itu disuruh untuk membaca (dan mengerti) alquran, makanya belajarlah jika belum tau. I'll try to make my life better now.

Naaaah... misalnya nih.... INGAT ... misalnya yah....

Gw terlahir sebagai muslim, dan ada seorang teman yang beragama lain, katakanlah saja misalnya Kristen (misalnya, hanya perumpamaan). Seiring waktu, gw & temen gw itu pun beranjak dewasa... sekarang kami sudah tau mana baik dan mana yg buruk, mana yg boleh dilakukan dan mana yg tidak. Gw termasuk orang yang sangat alim dengan ajaran agama islam, kewajiban sebagai muslim gak pernah gw tinggalin, selalu membantu orang, mengerjakan ibadah2x sunat, tidak pernah sekalipun berbohong, dll. Begitu pulalah teman gw, dia seorang kristen yang sangat taat beribadah, selalu mengerjakan yang diperintahkan bagi umatnya, meninggalkan semua perilaku buruk, dll. Intinya kami berdua adalah orang-orang beragama yang taat pada agama kami masing2x. Dan agama kami ini mengajarkan tentang kabajikan.

Tentu saja pendalaman kami tentang agama kami masing2x ini sangat dalam, kami sangat mengerti isi dari ajaran dari masing2x kitab kami (alquran-islam, injil-kristen) dan kami pun saling menghargai agama masing2x, begitu pula sikap kami terhadap agama2x yg lain.

Dengan demikian tentu saja kami teguh pada agama masing2x bukan??! bukan berarti kami saling merendahkan yah.... Gw pasti menganggap Islam adalah jawaban dan panutan hidup, temen gw juga begitu terhadap agamanya.

Gw yakin islam, kristen, budha, hindu, dll meyakini adanya surga bukan... dan orang2x yang udah mengamalkan ajaran agama mereka dengan sepenuh hati pasti akan ke surga (mungkin saja ada istilah lain dari surga bagi agama lain).

Inti dari tulisan gw ini bukan ngebahas tentang keberadaan surga, tapi jika seluruh manusia di bumi ini seperti kami, yang sangat percaya dan taat pada ajaran agama masing2x, dimanakah keberadaan tuhan?? Sedangkan saya sebagai muslim mempercayai SATU TUHAN yaitu ALLAH SWT... berarti secara otomatis gw gak akan percaya dengan tuhan2x yang lain bukan??!! gw rasa agama lain juga berpendapat begitu terhadap agama mereka... mereka hanya percaya pada TUHAN mereka, dan bukan tuhan yang lain.

Tapi itu semua mungkin hanya pemikiran logika gw... bukan berarti gw gak percaya dengan ISLAM apalagi merendahkan, tapi ini cuma uneg2x... gw mikirnya (dalam posisi netral yaah) jika kondisi seperti contoh kasus di atas.... gw sebagai islam, pasti umat islamlah yang akan masuk surga, bukan agama lain, begitu juga jika gw dilahirkan bukan sebagai islam, tapi kristen, budha atau hindu misalnya... hanya agama yg gw anut lah yang bakal masuk surga (ingat...kondisi seperti diatas: percaya dan sangat taat dgn agamanya). Bener gak???

Mungkin pertanyaan di ataslah yang sekaligus menjadi jawaban dari keraguan gw... gimana kalo dianalogikan sbb:
  • Kita tahu apa itu meja/kursi
  • Sering kita gunakan untuk keperluan sehari
  • Tau gak sapa yang ngebuatnya?? tentu aja tau... ya tukang kayulah...
  • Tapi tau gak sapa tukang kayu itu?? sapa namanya? dari mana asalnya? dari Indonesia kah? atau dari luar negeri? seorang ahlikah? laki2x atau perempuan? kursi/meja yang dibuatnya udah melalui jalur distribusi mana aja? tulus gak dia ngebuatnya? dll......
Artinya... jangan berusaha memikirkan sesuatu yang diluar kemampuan kita, untuk apa mencarinya, kalo kursi/meja itu sampai sekarang kita gunakan untuk kebaikan dan kemudahan hidup manusia.
Mungkin maksud atau arti dari analogi di atas bagi sebagian orang tidak benar... mmmm.... oke, gimana kalo:
  • Penjelasan tentang makhluk halus?? (dalam alquran memang dijelaskan ada beberapa makhluk di dunia = manusia, jin, syaitan, dll) Apa ada penjelasan logis nya sekarang? Gw pernah baca & liat di TV para ilmuwan (bukan Indonesia) berusaha memecahkannya dengan Logika.... tapi sampai sekarang belum ada jawaban yang benar2x akurat.
  • Penjelasan tentang alam.... sapa yang bisa memprediksikan KAPAN TEPAT (hari, jam, menit dan mungkin detik) NYA suatu gempa akan datang??!
  • Penjelasan tentang waktu.... kapan kita mati, kapan akhir dunia/kiamat, dll
  • Silahkan anda tambahkan

Fact:
  • Tidak ada sedikitpun maksud untuk melecehkan atau menghina agama manapun, termasuk islam.
  • Ini hanya uneg2x gw pribadi!!!!
  • Udah saatnya kita memperdalam agama kita masing2x.
  • Jangan memikirkan siapa Tuhan, dari mana Tuhan, dari mana asal Tuhan, dll.
  • Tidak selamanya logika bisa menyelesaikan permasalahan manusia. Sampai sekarang masih ada saja perdebatan antara ilmu agama dan ilmu ilmiah.
  • Trust ur heart.

Labels:

maaf.... cm mau intrupsi saja
terus kalo ada ayat yan mengatakan:

Al Baqarah (111)

111. Dan mereka (Yahudi dan Nasrani) berkata: "Sekali-kali tidak akan masuk surga kecuali orang-orang (yang beragama) Yahudi atau Nasrani." Demikian itu (hanya) angan-angan mereka yang kosong belaka. Katakanlah: "Tunjukkanlah bukti kebenaranmu jika kamu adalah orang yang benar."

Tambahan dari aku

Al Baqarah (113)

113. Dan orang-orang Yahudi berkata: "Orang-orang Nasrani itu tidak mempunyai suatu pegangan", dan orang-orang Nasrani berkata: "Orang-orang Yahudi tidak mempunyai sesuatu pegangan," padahal mereka (sama-sama) membaca Al Kitab. Demikian pula orang-orang yang tidak mengetahui, mengatakan seperti ucapan mereka itu. Maka Allah akan mengadili diantara mereka pada hari Kiamat, tentang apa-apa yang mereka berselisih padanya." **


**) Dalam suatu riwayat dikemukakan, ketika orang-orang Nashara Najran menghadap kepada Rasulullah SAW. Datang pulalah padri-padri Yahudi. Mereka bertengkar di hadapan Rasulullah SAW. Berkatalah Rafi' bin Khuzaimah (Yahudi): "Kamu tidak berada pada jalan yang benar, karena menyatakan kekufuran kepada nabi Isa dan kitab Injilnya." Seorang dari kaum Nashara Najran membantahnya dengan mengatakan: "Kamu pun tidak berada di atas jalan yang benar, karena menentang kenabian Musa dan kufur kepada Taurat." Maka Allah menurunkan ayat ini (S. 2: 113) sebagai jawaban atas pertengkaran mereka.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Sa'id atau 'Ikrimah yang bersumber dari Ibnu Abbas.)

Al Maa'idah (51)

BAB tentang "DILARANG BERTEMAN AKRAB DENGAN ORANG-ORANG YAHUDI DAN NASRANI DAN AKIBAT MELANGGARNYA"

51. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.

Mmmmm..... terus terang, saya masi agak bingung :(

Post a Comment


Jakarta, Indonesia Time

Home
My Feed My Twitter
My Youtube Channel My Flickr Album

Google

Support Us


ShoutBOX